Game Tablet Untuk Anak-Anak

Game Tablet untuk Si Kecil: Edukatif dan Menyenangkan

Di era digital ini, tablet telah menjadi perangkat yang tak terpisahkan bagi anak-anak. Selain untuk media belajar, tablet juga bisa dijadikan sarana hiburan melalui beragam game yang tersedia. Namun, sebagai orang tua, tentu kita harus bijak dalam memilih game yang tepat untuk buah hati kita. Pilihlah game yang tidak hanya menghibur, tetapi juga memiliki nilai edukatif.

Berikut ini beberapa rekomendasi game tablet yang cocok untuk anak-anak, baik dari sisi edukasi maupun hiburan:

1. Khan Kids

Game ini cocok untuk anak usia 2-6 tahun. Khan Kids menawarkan ratusan permainan interaktif yang dirancang untuk mengajarkan dasar-dasar matematika, membaca, tata bahasa, dan keterampilan berpikir kritis. Antarmuka yang ramah pengguna dan karakter yang menggemaskan membuat belajar menjadi menyenangkan bagi si kecil.

2.PBS KIDS Games

Dibuat oleh Public Broadcasting Service (PBS), game ini menyuguhkan berbagai karakter favorit anak-anak dari acara TV PBS Kids. Lewat permainan interaktif, anak-anak dapat belajar tentang sains, matematika, bahasa, dan pemecahan masalah. Game ini juga mengajarkan nilai-nilai positif seperti welas asih dan kerja sama.

3.ABCmouse

Game ini dirancang untuk anak-anak usia 2-8 tahun. ABCmouse menawarkan lebih dari 10.000 pelajaran dan aktivitas interaktif yang mencakup berbagai mata pelajaran, termasuk literasi, matematika, sains, dan seni. Antarmuka yang berwarna-warni dan berirama membuat belajar menjadi menyenangkan dan memotivasi.

4.Toca Boca Games

Toca Boca dikenal dengan rangkaian game yang aman dan mendidik untuk anak-anak. Game-game ini memungkinkan anak-anak mengeksplorasi kreativitas dan imajinasi mereka. Anak-anak dapat bermain peran, membangun dunia mereka sendiri, dan belajar tentang kehidupan sehari-hari.

5.Endless Alphabet

Game ini mengajarkan anak-anak tentang alfabet dan fonik. Animasi yang menarik dan interaktif membuat belajar menjadi mudah dan menyenangkan. Anak-anak dapat menelusuri huruf, mendengar bunyinya, dan membentuk kata-kata baru.

6.Cut the Rope Experiments

Dengan game puzzle yang menyenangkan ini, anak-anak dapat belajar tentang fisika dasar. Mereka harus menggerakkan karakter utama, Om Nom, melalui serangkaian rintangan dengan memotong tali dan menggunakan benda-benda di lingkungan sekitar.

7.Monument Valley

Game ini merupakan perpaduan seni dan teka-teki. Anak-anak diajak untuk memandu seorang putri bernama Ida melalui berbagai bangunan geometris yang mustahil. Game ini tidak hanya melatih kemampuan spasial, tetapi juga memicu imajinasi.

Tips Memilih Game Tablet untuk Anak

1. Perhatikan Batasan Usia: Selalu cek batasan usia pada game sebelum mengunduhnya. Game yang tidak sesuai usia anak dapat membahayakan perkembangan mereka.

2. Baca Ulasan: Sebelum mengunduh game, baca ulasan dari orang tua atau pakar lain untuk mendapatkan informasi tambahan tentang kualitas konten dan nilai edukasinya.

3. Pertimbangkan Keterampilan Anak: Pilih game yang sesuai dengan keterampilan dan minat anak. Jika anak kesulitan dengan matematika, pilih game yang berfokus pada matematika.

4. Awasi Penggunaan: Batasi waktu bermain game pada tablet dan awasi apa yang dimainkan anak. Pastikan game tidak mengandung kekerasan atau konten yang tidak pantas.

5. Manfaatkan Fitur Parental: Banyak tablet menawarkan fitur parental yang memungkinkan orang tua mengatur waktu bermain, memblokir konten tertentu, dan memantau aktivitas anak.

Dengan mengikuti tips-tips ini, orang tua dapat memilih game tablet yang tepat untuk anak-anak mereka yang tidak hanya menghibur, tetapi juga memiliki nilai edukatif. Biarkan game tablet menjadi sarana yang berkontribusi positif pada perkembangan si kecil. Selamat bermain!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *